Pengembangan aplikasi mobile penjaskesrek meningkatkan kognitif siswa SMA di cabang lari jarak pendek.
DOI:
https://doi.org/10.2023/ns.v2i01-pp01Keywords:
Aplikasi, Penjaskesrek, AtletikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi Atletik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android (AEG) untuk kelas X. Ditemukan bahwa materi tersebut dianggap kurang menarik dan monoton oleh siswa, mendorong perlunya inovasi dalam pendidikan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran efektif dan menarik bagi siswa. Metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) digunakan untuk merancang AEG. Validasi oleh tiga validator, termasuk ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi, menghasilkan tingkat kevalidan yang signifikan (78%, 60%, dan 95% secara berturut-turut). Tanggapan siswa dari kelas X-RPL SMKS Dr WAHIDIN melalui angket menunjukkan tingkat kelayakan AEG sebesar 94% dan dalam pemahaman materi 83% siswa mengalami peningkatan nilai, menandakan kesesuaian media pembelajaran ini dalam proses belajar-mengajar.AEG diharapkan tidak hanya efektif secara pedagogis tetapi juga responsif terhadap kebutuhan siswa. Dengan hasil belajar yang diharapkan mencapai puncak potensinya, pengembangan AEG ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman materi Atletik dan membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa kelas X.
Downloads
References
Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 5(1), 119–126.
Arsyad, M. N., & Lestari, D. E. G. (2020). Efektifitas penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar mahasiswa ikip budi utomo malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89–105.
Badu, K. M., Sugiharto, S., & Hariyanto, E. (2021). Literatur Review: Aktivitas Fisik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagai Stimulus Fungsi Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1953–1962.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021a). Media pembelajaran. Tahta media group.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021b). Media pembelajaran. Tahta media group.
Nugroho, S. A., Hadi, A. P., Rudjiono, R., & Zainudin, A. (2022). APLIKASI MOBILE LEARNING PEMBELAJARAN VIDEO EDITING BERBASIS ANDROID PADA PERSATUAN PEMUDA SANDYA KARYA MUDA DESA REKSOSARI KEC SURUH KABUPATEN SEMARANG. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(1), 196–205.
Subhan, M. (2023). PENEMBANGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SDN 03 KOTO BESAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1594–1602.
Yuberti, Y., Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis smart apps creator sebagai media pembelajaran fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 90–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Naufal Surandana, Irwan Setiawan, Nur Ahmad Muharram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/